STANDAR PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN

KOMPONENURAIAN
1PersyaratanKartu Identitas (KTP /KK/KIA), Kartu Berobat, Kartu BPJS
2Mekanisme/Prosedur1. Pasien datang dan mengambil nomor antrian.
2. Pasien melakukan pendaftaran menggunakan kartu BPJS (jika ada) dan kartu berobat bagi pasien lama.
3. Petugas melakukan pendaftaran untuk pasien sesuai poli yang dituju.
4. Petugas mengantarkan rekam medis pasien ke poli yang dituju.
5. Pasien menunggu panggilan poli.
3Biaya /TarifPasien BPJS : GRATIS
Pasien Umum : Rp. 20.000,-
4WaktuPasien Baru : 8 menit
Pasien Lama : 5 menit
5Produk LayananBlanko pendaftaran pasien
Rekam medis pasien
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN POLI UMUM

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanTersedianya rekam medis pasien
2Mekanisme/Prosedur1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor antrian.
2. Memastikan identitas pasien berdasarkan rekam medis.
3. Petugas melakukan anamnesa.Petugas melakukan pengukuran vital sign.
4. Konsultasi ke dokter, jika diperlukan pasien dirujuk ke laboratorium/klinik sanitasi/klinik gizi/klinik UBM.
5. Petugas memberikan terapi/tindak lanjut yang sesuai.
3Biaya /TarifGRATIS (tidak dipungut biaya)
4Waktu5 – 10 menit
5Produk LayananSurat Rujukan, Surat Keterangan Sakit Dan Sehat, Surat Keterangan Buta Warna
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN UNIT GAWAT DARURAT

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanTersedianya rekam medis pasien
2Mekanisme/Prosedur1. Pasien mendapatkan prioritas pelayanan sesuai kegawatannya.
2. Petugas menjelaskan penyakit dan tindakan yang akan diambil.
3. Penandatanganan persetujuan dan penolakan tindakan.Petugas melakukan tindakan sesuai dengan indikasi medis.
4. Petugas memberikan rujukan jika diperlukan.
5. Petugas menulis anamnesa, pemeriksaan fisik dan tindakan yang dilakukan dalam rekam medis.
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4WaktuWaktu tanggap/respon time: 5 menit
Waktu penyelesaian pelayanan tergantung kebutuhan dan kondisi pasien.
5Produk LayananPelayanan rujukan pasien
Pelayanan panggilan kegawatdaruratan
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN AMBULANCE

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanTersedianya rekam medis pasien
2Mekanisme/Prosedur1. Pasien datang ke puskesmas tiakar atau pasien emergensi panggilan.
2. Pasien diperiksa.
3. Apabila memerlukan pelayanan ambulance maka petugas akan menghubungi sopir ambulance.
4. Dilakukan pengantaran dengan ambulance sesuai layanan yang dibutuhkan.
5. Pasien sampai ditujuan.
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4WaktuWaktu tanggap/respon time: 5 menit
Waktu penyelesaian pelayanan tergantung kebutuhan dan kondisi pasien.
5Produk LayananPelayanan rujukan pasien
Pelayanan panggilan kegawatdaruratan
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN KIA – KB

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanPasien terdaftar di loket
2Mekanisme/Prosedur1. Pasien melakukan pendaftaran di loket, kemudian menuju ruang KIA dan pelayanan MTBS/MTBM.
2. Petugas melakukan anamnesa, dan melakukan pemeriksaan fisik.
3. Petugas menulis hasil anamnesa, memberikan penyuluhan sesuai form MTBS.
4. Petugas memberi pengobatan sesuai buku pedoman MTBS/MTBM.
5. Petugas kolaborasi dengan dokter dalam memberikan pengobatan.Jika perlu, pasien dikonsultasikan sesuai kebutuhan ke klinik sanitasi, klinik konsultasi gizi, konsultasi LROA, Imunisasi , dirujuk ke Rumah Sakit jika diperlukan.
3Biaya /TarifGRATIS (tidak dipungut biaya)
4Waktu5 – 10 menit
5Produk LayananPasien mendapatkan pelayanan
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN IMUNISASI

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanPasien terdaftar di lok Pasien datang sesuai jadwal pelayanan
2Mekanisme/Prosedur1. Mempersiapkan alat dan bahan untuk pemberian imunisasi.
2. Melakukan pemeriksaan fisik dan mengevaluasi efek samping setelah pemberian imunisasi kepada pasien.
3. Pengambilan vaksin sesuai dengan jadwal dan jenis imunisasi sasaran pada saat kunjungan.
4. Pemberian imunisasi kepada sasaran sesuai jadwal dan jenis imunisasi sasaran pada saat kunjungan.
5. Mencatat hasil pelayanan.
3Biaya /TarifGRATIS (tidak dipungut biaya)
4Waktu20 menit
5Produk LayananImunisasi sesuai jadwal
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN KONSULTASI KESEHATAN LINGKUNGAN

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanSurat rujukan konseling dari Poli Umum dan Poli KIA
2Mekanisme/Prosedur1. Melakukan wawancara kepada pasien.
2. Melakukan pencatatan keluhan/permasalahan pasien.
3. Melakukan penyuluhan kepada pasien/klien.
4. Melakukan pemecahan permasalahan terhadap masalah.
5. Memberikan waktu kunjungan lanjut jika dibutuhkan.
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4Waktu5 – 10 menit
5Produk LayananKonsultasi Kesehatan Lingkungan
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN KONSULTASI GIZI

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanSurat rujukan konseling dari Poli Umum dan Poli KIA
2Mekanisme/Prosedur1. Mencatat data diri pasien di buku konseling Gizi
2. Melakukan pemeriksaan berat badan pasien.
3. Melakukan konsultasi gizi sesuai diagnosa pasien.
4. Memberikan leaflet sesuai diagnosa kepada pasien sebagai pedoman.
5. Mencatat hasil konseling di buku status pasien.
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4Waktu15 – 20 menit/pasien
5Produk LayananKonsultasi gizi
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN TB DAN KUSTA

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanPasien terdaftar di loket Pasien membawa rujukan dari Poli Umum/KIA
2Mekanisme/Prosedur1. Pasien menunggu di ruang tunggu poli TB dan Kusta.
2. Petugas memanggil pasien.
3. Petugas melakukan anamnesa.
4. Petugas memberikan KIE TB dan Kusta.
5. Petugas memberikan obat program.
6. Pasien pulang/dirujuk.
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4WaktuAnamnesa & pemeriksaan 3 menit
Pasien lama 5 menit
5Produk LayananKonseling pasien TB dan Kusta
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN APOTEK

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanResep dari penulis resep Pasien terdaftar diloket
2Mekanisme/Prosedur1. Menerima resep dari pasien, petugas memberi nomor resep dan melakukan skrining resep.
2. Petugas menyiapkan obat, mencek kondisi obat, tanggal kadaluarsa dan melakukan pelabelan obat.
3. Pengecekan ulang obat sebelum diberikan ke pasien.
4. Memberikan informasi obat pada pasien dengan bahasa yang dimengerti.
5. Bagi pasien butuh konseling obat, maka dilakukan konseling oleh apoteker.
3Biaya /TarifGRATIS (tidak dipungut biaya).
4WaktuRacikan : 60 menit Non racikan : 30 menit
5Produk LayananObat
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN POLI GIGI

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanRekam medik dari loket pendaftaran
2Mekanisme/Prosedur1. Persiapan alat bahan/obat
Tensimeter
Instrumen/alat (diagnostik set)
2. Pasien dipanggil sesuai antrian rekam medik
3. Anamnesa dan pemeriksaan fisik (vital sign)
4. Konsultasi ke dokter gigi Jika diperlukan pasien dirujuk ke Laboratorium atau Poli umum
5. Tindakan pada pasien (pencabutan, penambalan, dll)
6. Peresepan Obat Merujuk pasien ke Faskes tingkat II/RS bila diperlukan
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4WaktuPemeriksaan/Anamnesa  : 3  menit
Pencabutan gigi                : 30 menit
Penambalan gigi               : 15 menit
Scalling                             : 30 menit
Konsultasi                         :  5 menit
5Produk LayananPemeriksaan Gigi dan Mulut Pasien
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com

STANDAR PELAYANAN LABORATORIUM

NOKOMPONENURAIAN
1PersyaratanSurat permintaan pemeriksaan laboratorium dari Poli Umum, Poli KIA, Poli Gigi dan UGD
2Mekanisme/Prosedur1. Mempersiapkan alat dan bahan untuk pengambilan sampel.
2. Pengambilan sampel berupa darah, urine dan sputum.
3. Pemeriksaan sampel.Mencatat hasil pemeriksaan.
3Biaya /TarifPasien BPJS GRATIS
Pasien Umum Sesuai tarif yang berlaku Perwako no.86 Tahun 2017)
4WaktuPemeriksaan :
Kimia Darah : 60 menit
Darah Rutin : 30 menit
Serologi : 30 menit
5Produk LayananHasil Pemeriksaan Laboratorium
6Pengelolaan/pengaduanCara pengaduan melalui : Datang langsung ke sekretariat unit pelayanan pengaduan di Ruang Ka. Tata Usaha.
Kotak Saran Puskesmas
SMS Center          : 081261928480
Email                    : puskesmastiakar15@gmail.com